banner here

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

- 07.42.00
advertise here
Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan - Anda pasti sudah mengenal buah salak dengan baik bukan? Salak adalah buah tropis yang cukup digemari dan ternyata juga kaya akan manfaat. Apa saja sebenarnya manfaat salak?

Buah tropis yang cukup banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika, dan Eropa adalah buah salak yang memiliki nama latin salacca edulis. Buah ini memiliki tampilan yang cukup menarik, orang Amerika bahkan menjuluki buah ini dengan sebutan snake fruit atau buah ular. Hal ini disebabkan karena kulit salak yang menyerupai kulit ular yaitu bersisik.

Salak memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup tinggi. Daging buah salak mengandung kalsium, tanin, flavonoid, saponin, vitamin C, vitamin B, zat besi, fosfor, kalori, dan karbohidrat.

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan


Terapi Penyembuh Diare


Terapi ini ditujukan kepada penderita diare. Salak mengandung tanin yang biasa dipakai sebagai obat anti diare. Oleh karena itu tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi salak secara berlebihan karena dapat menyebabkan konstipasi atau sembelit, selain itu dianjurkan untuk mengkonsumsi salak bersama dengan kulit arinya, karena disanalah letak serat yang banyak.

Untuk terapi diare.Konsumsi setidaknya dua puluh gram salak muda untuk menghentikan diare Anda.

Terapi Obat Mata


Jika Anda menderita sakit mata, maka salak dapat dijadikan sebagai terapi untuk menyembuhkan sakit mata karena banyak mengandung betakaroten yang berguna untuk kesehatan mata. Konsumsi salak sebagai cemilan atau bisa juga sebagai jus pengganti wortel jika Anda merasa bosan dengan jus wortel.

Manfaat Salak sebagai Cemilan Sehat


Salak dapat juga diolah sebagai penganan dengan rasa yang menggiurkan dan tak kalah dari cemilan lainnya. Berbagai olahan salak yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda, adalah sebagai berikut ini.

  1. Keripik salak, cemilan ini dibuat dari salak yang diiris tipis-tipis kemudian disimpan dalam freezer selama kurang lebih dua jam, lalu dapat digoreng menggunakan alat khusus.
  2. Asinan Salak, untuk membuat asinan salak, Anda memerlukan beberapa bahan berikut ini: air, air kapur sirih, cabe merah yang telah Anda haluskan, kemudian garam secukupnya, gula, dan cuka.

Cara membuatnya adalah, kupas salak dan keluarkan biji salak, kemudian rendam dalam larutan kapus sirih agar salak menjadi padat dan kenyal, lalu tiriskan dan masukkan ke dalam larutan cuka dan garam kemudian rebus, dan dinginkan. Setelah itu rendam salak dalam larutan tersebut kurang lebih dua malam. Asinan salak siap disajikan.

Demikian informasi mengenai Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.
Advertisement advertise here
 
banner here