banner here

Cara Mengatasi Sakit Maag Secara Alami

- 04.03.00
Health Happiness and Hope
Cara Mengatasi Sakit Maag Secara Alami

Cara Mengatasi Sakit Maag Secara Alami. Maag, radang lambung atau tukak lambung adalah gejala penyakit yang menyerang lambung dikarenakan terjadi luka atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit, mulas, dan perih pada perut. Beberapa penyebab sakit maag adalah karena makan yang tidak teratur, mengkonsumsi obat-obatan tertentu, atau karena sebab lainnya seperti mengkonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress.

Gejala penyakit maag dapat berupa, mual dan muntah, sakit waktu buang air besar, sering merasa lapar, perut kembung dan nyeri yang luar biasa. Penyakit Maag dikategorikan ke dalam beberapa tahapan, yaitu, maag ringan, maag sedang, maag kronis dan kanker lambung. Meski maag tidak dapat sembuh total, karena bisa sewaktu-waktu kambuh kembali, namun penyakit maag dapat diatasi. Selain dengan pengobatan menggunakan obat farmasi, penyembuhan sakit maag juga bisa dengan menggunakan tanaman obat.

Cara Mengatasi Sakit Maag Secara Alami

 Beberapa Cara Mengatasi Sakit Maag Secara Alami yang memanfaatkan tanaman obat atau herbal di sekitar kita yang bisa dibuat sebagai mengobati sakit Maag.

1. Kunyit Untuk Mengobati Maag

Sifat-sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil, yang setara dengan 4 g) memperlihatkan perbaikan dan satu kasus tersembuhkan.
Caranya: diperlukan 2 jari tangan kunyit. Dikupas dan dibersihkan, diparut, dan ditambah air matang. Setelah itu, diperas melalui kain bersih. Hasilnya didiamkan dan diambil airnya. Dalam sehari diminum 2 kali, masing-masing satu ramuan. Meminumnya pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur.

Baca juga : Sejarah dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan


2. Mengobati Penyakit Maag dengan Lidah buaya

Kandungan Aloenin dan Magnesiun laktat yang terdapat dalam daun lidah buaya (Aloe vera) yang diidentifikasikan dapat menghambat sekresi asam lambung.
Caranya mengatasi sakit maag dengan lidah buaya adalah Gel segar dari sekitar 1 lembar daun lidah buaya, diminum untuk sekali minum. Dalam sehari perlu meminumnya sebanyak 2 kali. Untuk memperbaiki rasa gel bisa diberi madu secukupnya. Ibu hamil sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan ini.

3. Kemangi hutan / Lampes

Kemangi hutan (Ocimum sanctum) berupa terna atau perdu bercabang banyak setinggi 0,30 – 1,50 m. Dapat ditemui di seluruh Jawa dari dataran rendah.
Caran mengobati sakit maag dengan kemangi hutan sebagai obat tukak lambung dianjurkan untuk mengkonsumsi daun segar kemangi hutan (lampes) sebagai lalap setiap hari.

Baca juga : Ramuan alami tanaman obat diabetes


4. Kamomila

Di Jawa Barat, tanaman kamonila (Matricaria recutita) dikenal sebagai teh kembang. Dulu di Garut kamomila digunakan sebagai bahan tambahan teh hijau.
Cara pengobatan penyakit maag dengan Kamomila yaitu 1 sendok teh bunga kamomila. Air panas sebanyak 150 ml dituangkan ke dalamnya, didiamkan selama 5 – 10 menit, lalu diminum. Frekuensi meminumnya 3 – 4 kali sehari.

5. Kencur

Kencur atau (Kaempferia galanga) untuk mengatasi maag caranya adalah 1 jari rimpangnya. Rimpang dicuci bersih dikupas dan dikunyah dengan garam seperlunya. Sesudah halus dikunyah, kencur ditelan, disusul dengan minum air hangat. Ini dilakukan 3 kali dalam sehari.

Baca juga : Cara mengobati batuk berdahak secara alami


6. Cincau

Sementara cara mengatasi sakit maag (Cylea barbata) dengan cincau caranya adalah 1 genggam daun cincau (kira-kira 80 gram berat basah). Daun dicuci lalu digiling halus. Lalu diremas dengan air masak seperlunya dan disaring, diberi air kapur sirih seperlunya agar lekas menjadi kental. Setelah menggumpal dimakan dengan air gula atau sirup. Dalam sehari cara ini dilakukan 3 kali, masing-masing dengan gelas ukuran kira-kira 200 cc.

7. Meniran :

Tanaman (Phyllanthus niruri)merupakan tanaman terna yang tumbuh tegak pada tempat lembab dan berbatu.
Cara mengobati sakit maag dengan meniran adalah cuci meniran, lalu merebus segenggam daun meniran dalam 3 gelas air bersih. Merebusnya dilakukan hingga volume airnya tinggal setengahnya. Sesudah dingin disaring lalu diminum dengan madu seperlunya. Cara ini dilakukan 3 kali dalam sehari..

Baca juga : Resep obat kolesterol tradisional
Advertisement advertise here
 
banner here