banner here

Khasiat dan Manfaat Buah Plum

- 18.18.00
Health Happiness and Hope
Khasiat dan Manfaat Buah Plum


Khasiat dan Manfaat Buah Plum, Plum adalah salah satu buah yang memiliki warna menarik dan rasa yang lezat. Buah ini dapat dikonsumsi baik dalam bentuk segar atau dikeringkan.

Buah plum memiliki nama latin Prunus domestica memiliki sekitar 2.000 varietas yang berasal dari berbagai negara. Plum yang ada di Indonesia tergolong jenis plum Asia Barat dengan warna hijau kekuningan, rasanya asam manis dan banyak air. Berbeda dengan plum Eropa yang berwarna merah keunguan, rasanya manis, tetapi mengandung sedikit air.

Plum mengandung banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Hal ini disebabkan buah plum kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, dan serat. Plum juga merupakan buah yang kaya akan zat anti oksidan yang mampu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh.

Tak hanya itu, ternyata buah plum juga bermanfaat dikonsumsi untuk para pria. Berikut adalah beberapa Khasiat dan Manfaat Buah Plum:

Khasiat dan Manfaat Buah Plum


1. Buah Plum Untuk Menjaga kesehatan jantung

Buah Plum mengandung vitamin K yang baik untuk mencegah pembekuan darah di dalam tubuh. Oleh karena itu buah ini baik untuk memperlancar aliran darah sehingga bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Kandungan potassium di dalam buah plum dapat membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, serta mencegah pembekuan trombosit penyebab aterosklerosis, tekanan darah tinggi, stroke dan penyakit jantung koroner.

Baca juga :Gejala dan Penyebab Aritmia Jantung


2. Manfaat Buah Plum mengurangi tekanan darah tinggi

Satu buah plum hitam segar mengandung 113 mg kalium. Kalium merupakan mineral yang dapat membantu mengatur tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko stroke.
Baca juga :Resep obat kolesterol tradisional


3. Khasiat Buah Plum untuk Mencegah kanker

Pigmen yang ada di dalam buah plum mengandung senyawa aktif yang disebut dengan anthocyanin berfungsi melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang mampu menyebabkan kanker. Kandungan beta karoten di dalamnya juga mampu menghindarkan tubuh dari senyawa penyebab kanker terutama kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

Baca juga :5 cara mudah mencegah Kanker Serviks


4. Plum untuk Mencegah perkembangan Kanker Payudara

Khasiat buah plum hitam selanjutnya adalah untuk menghentikan dan mencegah kanker payudara tanpa membunuh sel-sel sehat, dalam hal ini antosianin dan fitonutrien di dalamnya yang berperan.

Baca juga :Cara mencegah kanker payudara dan lainnya 

5. Plum dapat Mengurangi risiko Diabetes type 2

Menurut seorang ahli gizi dari Kanada, manfaat buah plum hitam apabila dikonsumsi secara rutin dapat membantu Anda mengontrol kadar gula darah Anda dan mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Baca juga :Kenali diabetes melitus tipe 2


6. Buah Plum Bermanfaat Mempertajam penglihatan

Buah Plum juga dikenal kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata dan membuat selaput lendir mata Anda menjadi lebih sehat. Kandungan serat buah plum yang disebut dengan zea xanthin juga baik untuk kesehatan retina Anda.

7. Plum Untuk Membantu kesehatan pencernaan

Setiap jenis buah plum, termasuk buah plum hitam mengandung satu gram serat yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Pada buah plum hitam terkandung senyawa sorbitol dan isatin yang dapat berkhasiat untuk membantu pengaturan fungsi sistem pencernaan Anda dan diphenylisation mengobati sembelit.

8. Plum berkhasiat Melindungi dari radikal bebas

Buah plum mengandung zat anti oksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Senyawa anti oksidan seperti lutein mampu mengurangi jumlah radikal bebas berbahaya yang ada di dalam tubuh.

9. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C di dalam plum diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu meningkatkan resistensi terhadap infeksi dan peradangan.

10. Mengontrol kolesterol

Serat larut di dalam buah plum mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Serat ini juga mampu membersihkan racun yang ada di dalam empedu sehingga membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Baca juga :Daftar Makanan Berkolesterol tinggi


11. Meningkatkan Daya Ingat

Makan 3-4 buah plum hitam setiap harinya dapat membantu menetralkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, yang dapat mempengaruhi memori Anda? Ini artinya membantu peningkatan daya ingat Anda.

12. Membantu Kesehatan Ibu hamil dan pertumbuhan janin.

Manfaat buah plum hitam untuk ibu hamil karena Plum hitam memiliki jumlah yang baik dari asam folat dan kalsium yang berkontribusi pada pasokan folat. Folat sangat penting bagi ibu hamil dan pertumbuhan janin.
Baca juga :Obat-obatan penyebab risiko cacat lahir


13. Membantu Kesehatan Tulang

Para peneliti dari Florida State dan Oklahoma State menguji dua kelompok wanita menopause selama rentang 12 bulan untuk kepadatan tulang. Dihasilkan temuan bahwa konsumsi rutin buah plum hitam dapat meningkatkan kesehatan tulang karena mengandung kalsium dan vitamin D.
Baca juga :Penyakit tulang dan pencegahannya


14. Mencegah Anemia

Meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mencegah anemia dengan menyerap zat besi di dalam tubuh.

15. Anti Penuaan dini dan Kecantikan Kulit

Selain manfaat buah plum untuk kesehatan, khasiat buah plum hitam juga bermanfaat untuk kecantikan kulit dan sebagai anti penuaan dini, karena mengandung kadar Vitamin C, Vitamin E dan Beta Karoten yang tinggi.
Baca juga :Penuaan dan kanker kulit akibat Sinar Matahari


Oleh karena itu tingkatkan kualitas kesehatan Anda dengan mengonsumsi buah plum. Semua Khasiat dan Manfaat Buah Plum bisa Anda dapatkan apabila Anda mengkonsumsinya.


http://obatherbal-murah.com/khasiat-dan-manfaat-buah-plum/
Advertisement advertise here
 
banner here