banner here

Manfaat air putih untuk kesehatan

- 01.17.00
Health Happiness and Hope
Manfaat air putih untuk kesehatan

Manfaat air putih untuk kesehatan, Hampir setiap orang pasti pernah mendengar “minumlah air putih minimal, delapan gelas sehari!” Mungkin sebagian dari kita akan melakukannya dan percaya manfaat minum air putih untuk kesehatan, meski belum tentu tahu detailnya. Dan sebagian lagi lebih konsen untuk memikirkan dampak minum air putih dengan jumlah banyak seperti sering ke kamar kecil sehingga dirasa merepotkan.

Jika begitu, bilamana kita tengok mengapa air putih bisa begitu berharga dan dianjurkan untuk kesehatan tubuh kita?

Kurang minum air putih, berbahaya bagi Darah


Jika kita kurang dalam mengkonsumsi air putih, tidak sesuai anjuran kurang dari 8 gelas sehari, efek yang ditimbulkan terhadap kesehatan tidak langsung dapat rasakan. Karena secara otomatis tubuh akan mengambil cairan dari jaringan tubuh lain sebagai penyeimbang air dalam seluruh jaringan tubuh. Salah satunya dari darah.

Kekurangan air putih dalam tubuh akan sangat berbahaya kondisi darah. Sebab, darah akan menjadi kental. Akibatnya, aliran darah yang berfungsi membawa oksigen dan zat-zat makanan juga akan terganggu.

Ditambah bahwa darah juga perlu dibersihkan oleh organ ginjal. Organ ginjal berfungsi sebagai filter atau penyaring yang memiliki jala-jala sangat halus sebagai pembersih darah dari racun, kotoran dan oksidan. Jika ginjal menyaring darah yang terlalu kental maka ginjal akan bekerja ekstra keras.

Sementara kurang air putih berpengaruh terhadap otak, sel-sel otak paling boros dalam mengonsumsi makanan dan oksigen yang diangkut darah. Oleh karena itu, jika kekurangan air, fungsi sel-sel otak tidak berjalan optimal dan bahkan bisa cepat mati. Kondisi tersebut bisa memicu timbulnya stroke.

Baiklah, sekarang mari kita bahas manfaat air jika dikonsumsi dengan baik secara lebih luas. Berikut penjelasannya

Manfaat Air Putih untuk Kesehatan


Berikut ini 9 manfaat air putih untuk kesehatan, setelah membaca ini diharapkan anda akan mengerti betapa pentingnya air bagi tubuh kita. Bukan hanya diminum, sebagian manfaat air putih untuk kesehatan dapat diperoleh dengan mandi ataupun berendam.

1. Manfaat air putih bagi pencernaan


Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari membantu memperlancar sistem pencernaan sehingga terhindari dari beberapa masalah penyakit maag ataupun sembelit. Metabolisme tubuh juga menjadi stabil sehingga pembakaran kalori bisa berjalan efisien.

2. Manfaat air putih untuk mencegah kanker dan batu ginjal


Air dapat men-supply cairan ke seluruh tubuh dengan baik bila konsumsinya cukup, sehingga sel-sel dan darah dalam tubuh tidak akan mudah terjangkit virus luar maupun terjadi kanibalisme dalam sel tubuh sendiri (kanker) akibat kekurangan cairan dalam tubuh. Kemudian seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dengan air yang cukup kerja ginjal tidak akan terlalu berat, selain itu kemungkinan terjadinya endapan penyebab batu ginjal juga berkurang.

Baca juga : Cara mencegah kanker payudara dan lainnya


3. Manfaat air putih untuk kecantikan


Mnafaat air putih melembabkan dan menyehatkan kulit serta melindungi kulit dari luar. Bila Anda kurang minum air putih, tubuh akan menyerap kandungan air pada kulit, sehingga kulit akan kering dan berkerut.

Untuk menjaga kecantikan minum air putih 8 – 10 gelas sehari dan kebersihan tubuh benar-benar diperhatikan.

4. Manfaat air putih untuk kesehatan reproduksi


Air juga mampu membantu meningkatkan produksi hormon testosteron pada kaum pria serta hormon estrogen pada wanita. Dengan begitu akan meningkatkan kesuburan serta gairah seksual. Selain itu jaringan kulit akan membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tak mudah retak.

Menurut hasil riset sebuah penelitian trombosis di London-Inggris, seseorang yang selalu mandi dengan air dingin menjadikan peredaran darah lancar dan tubuh terasa lebih segar bugar. Disamping itu juga mandi air dingin dapat meningkatkan produksi sel darah putih dan meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus.

5. Manfaat air putih untuk kesehatan jantung


Air putih juga diyakini membantu mengobati penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran napas, masalah usus, dan penyakit kewanitaan secara alami.

Bahkan saat ini banyak pengobatan alternatif dengan memanfaatkan kemanjuran air putih (terapi air putih).

Baca juga :  Manfaat buah delima untuk penyakit Jantung

6. Air putih membantu mengobati stroke


Air panas tak hanya untuk pengobatan berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif mengobati penyakit lumpuh, seperti akibat stroke. Karena air tersebut akan membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan pernapasan. Efek panas membantu memperlebar pembuluh darah, meningkatkan sirkulasi darah dan oksigenisasi jaringan, sehingga terhindar dari kekakuan otot, menghilangkan rasa nyeri, serta menenangkan pikiran.

Terlebih jika air yang dipakai merupakan air yang mengandung asam lemah (belerang). Kandungan ion-ion terutama khlor, magnesium, hidrogen karbonat dan sulfat dalam air panas. Selain itu pH airnya mampu mensterilkan kulit.

Baca juga : Cara mencegah stroke dengan zaitun


7. Air putih untuk sebagai relaksasi


Dengan meminum air putih biasa, ternyata dapat menenangkan kondisi jiwa yang bergejolak. Disinyalir, ketika jiwa, pikiran dan perasaan seseorang sedang “pumping” atau mengalami “pulse” baik naik atau turun, tubuh akan terasa lebih panas. Nah, fungsi air putih akan seperti “coolant” pada mobil, yaitu sebagai pendingin dan penstabil kondisi tubuh.

Mungkin Sensasi mandi shower atau air terjun dpaat mendatangkan efek pijatan yang teratur, terlebih jika air hangat. Tapi bukan itu saja jika mengalami ketegangan otot dapat dinormalkan dengan mandi air hangat bersuhu sekitar 37 derajat C. Selagi kaki terasa pegal kita sering dianjurkan merendam kaki kita dengan air hangat dicampur sedikit garam. Nah, jika Anda punya shower di rumah cobalah mandi dan nikmati hasilnya, karena shower di rumah juga menghasilkan ion negatif.

8. Air putih bermanfaat mengurangi berat badan


Bagi yang ingin menurunkan badan, minum air hangat sebelum makan merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam perut. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas ataupun dingin. Air putih juga dapat mengeluarkan kotoran dalam tubuh keluar lewat urine.

Baca juga : Manfaat menyusui ASI bagi ibu dan bayi


9. Tubuh lebih bugar dengan air putih


Khasiat air putih tak hanya untuk membersihkan tubuh saja tetapi juga sebagai zat yang sangat dibutuhkan tubuh. Anda mungkin dapat bertahan apabila kekurangan makanan dalam beberapa hari ketimbang kurang air. Karena, air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia.

Nah demikian dulu yak artikel manfaat air putih untuk kesehatan kali ini, semoga bermanfaat.


Sumber:  http://obatherbal-murah.com/manfaat-air-putih-untuk-kesehatan/
Advertisement advertise here
 
banner here