banner here

Manfaat jeruk nipis sebagai obat batuk alami

- 04.02.00
Health Happiness and Hope
Manfaat jeruk nipis sebagai obat batuk alami
Manfaat jeruk nipis sebagai obat batuk alami, Pasangan kecap dan jeruk nipis sebagai obat tradisional untuk batuk dan nyeri tenggorokan, ternyata bukan sekadar mitos atau isapan jempol

Pakar Ilmu farmakognosi Universitas Padjadjaran Prof Dr Sidik telah meneliti kandungan dan khasiat obat alami tersebut beberapa tahun yang lalu ,dan hasilnya memang membuktikan bahwa paduan kecap dan jeruk nipis itu mampu mengatasi batuk.

Farmakognosi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tanaman atau hewan yang dapat digunakan sebagai obat alami yang telah melewati berbagai uji farmakodinamik, ujitoksikologi, dan uji biofarmasetika.

Satu sendok teh yang di kucuri perasan jeruk nipis mengandung senyawa metabolik sekunder yang memiliki sifat antibiotik.

Itu sebabnya obat turunan dari nenek moyang ini di anggap mampu membunuh bakteri penyebab batuk dan sakit tenggorokan.

Apalagi cuaca sekarang yang ekstrim tentunya perasaan haus ingin minum air yang dingin atau minum es tentunya sangat nikmat tapi menjelang siang atau sore hujan angin yang membuat daya tahan tubuh kita gampang terkena flu dan batuk.

Kita harus berupaya untuk mencegah tertularnya penyakit tersebut dengan cara menjaga daya tahan tubuh kita agar selalu fit.

Selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, berolah raga, juga sebaiknya mengkonsumsi tanaman-tanaman obat peningkat daya tahan tubuh, salah satunya adalah temu lawak yang mengandung curcuminoid dan minyak atsiri yang juga merupakan senyawa metabolisme sekunder.

Jeruk nipis juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat nya yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan sehingga batuk menjadi reda, Jeruk nipis banayak di gunakan sebagai komponen obat tradisional karena pada jaman dulu tanaman ini banyak di temukan di halaman rumah.

Selain sebagai obat batuk alami, buah jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas, obat sembelit, jerawat, mencegah rambut rontok, menambah nafsu makan, mengatasi suara serak, dan masih banyak lagi.

Mengenai penambahan kecap pada air jeruk nipis, hal itu dimaksudkan untuk mengurangi keasaman air jeruk. “Pada dasarnya kecap tidak berkhasiat untuk mengobati batuk, sifatnya hanya sebagai sediaan saja agar air jeruk nipis bisa dikonsumsi.

Selain kecap, sebenarnya banyak sediaan lain yang bisa dipakai bersama dengan jeruk nipis, misalnya air gula, madu, atau kapur sirih.

“Tambahan ini bisa dipakai agar rasanya tidak terlalu asam.

Jadi jeruk nipis denga kecap bisa menjadi obat alami yang mujarab, yuk kita coba dengan minum secara rutin untuk menjaga badan supaya tetap sehat dan alami.

Demikian informasi mengenai Manfaat jeruk nipis sebagai obat batuk alami, semoga bermanfaat dan berguna.
Advertisement advertise here
 
banner here